Kamis, 20 Oktober 2016

Second Task ^^



Pengertian Komunikasi

Komunikasi atau dalam bahasa inggrisnya Communication, menurut asal katanya berasal dari bahasa latin yaitu Communicatio. Komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau kelompok masyarakat menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungannya. Pada umumnya, komunikasi terjadi secara lisan atau verbal. Komunikasi dapat terjadi jika ada persamaan antara penyampaian pesan dengan orang yang menerima pesan
Kata “komunikasi” berasal dari bahasa Latin, “comunis”, yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Akar katanya “communis” adalah “communico” yang artinya berbagi (Stuart,1983, dalam Vardiansyah, 2004 : 3). Dalam literatur lain disebutkan komunikasi juga berasal dari kata “communication” atau “communicare” yang berarti " membuat sama" (to make common). Istilah “communis” adalah istilah yang paling sering di sebut sebagai asal usul kata komunikasi, yang merupakan akar dari kata kata Latin yang mirip Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan di anut secara sama.
Komunikasi adalah inti semua hubungan social, apabila orang telah mengadakan hubungan tetap, maka system komunikasi yang mereka lakukan akan menentukan apakah sistem tersebut dapat mempererat atau mempersatukan mereka
Dimensi Komunikasi

Dalam prosesnya, komunikasi mempunyai dimensi. Keempat dimensi dari proses komunikasi yaitu:
1.      Dimensi Isi
Dimensi isi diberi suatu symbol secara nonverbal dan menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa yang dikatakan oleh komunikator. Dimensi isi merupakan dimensi terpenting terciptanya suatu komunikasi.
2.      Dimensi Kebisingan
Dimensi kebisingan  beerkaitan dengan tinggi – rendahnya suara, pelan – kerasnya bunyi yang diakibatkan adanya proses komunikasi. Dimensi kebisingan berpengaruh terhadap efektivitasdan penafsiran dari sebuah komunikasi.
3.      Dimensi Jaringan Komunikasi
Adalah dimensi yang memanifestasikan seberapa luas kah komunikasi terjadi dan seberapa jauh komunikasi itu dijangkau. Struktur jaringan dalam komunikasi dapat berpengaruh terhadap kecepatan dan komunikasi antar manusia.
4.      Dimensi Arah Komunikasi
Dimensi arah menggambarkan seberapa banyak dan ke arah manakah komunikasi tersebut berlangsung. Arah komunikasi dibagi menjadi dua, yaitu satu arah dengan dua arah. Komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang tidak membutuhkan respon dari komunikan, sedangkan komunikasi dua arah merupakan komunikasi yang membutuhkan respon dari komunikan, memiliki hubungan timbal balik antara komunikator dan komunikan.
Ada 4 jenis arah komunikasi :
a.       Komunikasi ke bawah (downward communication)
Komunikasi ke bawah adalah penyampaian informasi dari atasan ke bawahan sesuai dengan structural di organisasi. Biasanya digunakan oleh atasan untuk menyampaikan instruksi, pengarahan kepada bawahan.
b.      Komunikasi ke atas (upward communication)
Komunikasi ke atas adalah penyampaian informasi dari bawahan ke atasan. Biasanya terjadi ketika karyawan ingin mneyampaikan usulan, ide, keluhan, pengaduan atau laporan kepada atasan.
c.       Komunikasi horizontal (horizontal communication)
Komunikasi horizontal adalah komunikasi yang melibatkan antar individu atau kelokpok pada level yang sama.
d.      Komunikasi diagonal (diagonal communication)
Komunikasi diagonal adalah komunikasi yang dilakukan antar individu atau kelompok pada bagian berbeda dan tingkatan berbeda pula.
Lingkup Komunikasi
a.       Bentuk spesialisasi


1.      Komunikasi persona
-          Komunikasi antar persona
-          Komunikasi dengan diri sendiri
-          Komunikasi dengan isyarat
-          Komunikasi kerohanian
2.      Komunikasi kelompok
-          Kuliah
-          Briefing
-          Indoktrinasi
-          Ceramah
-          Coaching
-          Pertemuan
3.      Komunikasi massa
-          Jurnalistik
-          Public relation
-          Penerangan
-          Propaganda
-          Advertising
-          Publicity
-          Pameran
b.      Media
1.      Media umum
-          Surat
-          Telepon
-          Telegraf
-          Telex
2.      Media massa
-          Pers
-          Radio
-          Film
-          Televise
c.       Efek
1.      Personal Opinion
2.      Public Opinion
3.      Majority Opinion
4.      General Opinion


Peran Psikologi Manajemen dalam Organisasi
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur atau me-manage suber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.
Tujuan Psikologi Manajemen
Ilmu psikologi berpusat pada manusia, dan mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
Dengan adanya psikologi manajemen, kinerja SDM akan terkontrol dengan baik dan tingkat produktivitas meningkat
Organisasi dapat diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dengan pola tertentu ,yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun non fisik
Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan (SDM, SDA sumber daya keuangan serta informasi). ilmu psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
DeVito, J. A. Komunikasi Antarmanusia. 2011. Tangerang Selatan:Kharisma Publishing group
Erni Tisnawati Sule, dkk, Pengantar Manajemen. 2004. Bandung: Kencana
Littlejohn, S.W & Karen A. Foss. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Munandar, A. S. Psikologi Industri dan Organisasi. 2001. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar